Sabtu, 01 Juli 2023

Idul Adha Menjadi Momentum Kepedulian Bersama

             Datangnya Hari Raya Idul Adha merupakan saat yang ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia untuk merayakannya. Terlepas dari perbedaan waktu shalat dan penyembelihan hewan kurban, namun terdapat nilai-nilai tinggi yang dapat diambil dari  hari besar ini.


Persiapan memotong sapi

Ujud perayaan yang dilakukan umat Islam mulai dari takbir bersama sejak sore sampai pagi hari, kemudian dilanjutkan shalat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban. Dari rentetan kegiatan ini, sebenarnya dapat menjadi momentum untuk dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, sekaligus lebih peduli kepada sesama masyarakat tanpa pandang bulu.

 Nilai ketakwaan ini dapat dilihat dari kisah Ibrahim dan Ismail. Ibrahim tidak hanya patuh dalam melaksanakan perintah Allah SWT, tetapi juga kebijaksanaannya dalam menyampaikan perintah itu kepada anak yang sangat dicintainya. Hal ini merupakan makna takwa yang sebenarnya.

Dalam surat Ash-Shoffat (102) disebutkan saat Ismail berusia remaja, ayahnya (Ibrahim) memanggilnya untuk mendiskusikan sesuatu. Ibrahim menceritakan kepada Ismail bahwa dirinya telah mendapatkan perintah dari Allah SWT melalui mimpi untuk menyembelih Ismail. Saat itu Ibrahim menanyakan kepada Ismail : "Bagaimana menurutmu, wahai Ismail?". Lalu Ismail menjawab : "Wahai ayah, laksanakan perintah Allah SWT yang dimandatkan untukmu. Saya akan sabar dan ikhlas atas segala yang diperintahkanNya". Setelah Ibrahim dan Ismail kedua-duanya ikhlas untuk menjalankan perintah itu, ternyata Allah SWT mengganti Ismail menjadi domba.


Memotong Kambing

Adapun nilai peduli kepada sesama masyarakat tanpa pandang bulu, ini dapat dinilai dari rangkaian penyembelihan hewan kurban. Pembentukan panitia kurban, pengadaan hewan kurban, penyembelihan dan pembagian daging kurban adalah momen untuk menciptakan kerukunan, kebersamaan dan kekompakan yang luar biasa.

Selain itu, daging kurban sebagai sarana mesujudkan kepedulian kepada sesama manusia. Meskipun hanya beberapa hari dan hanya 1 kg daging, namun sangat terasa dapat memberikan kegembiraan dan rasa senang bagi masyarakat, yang akan berdampak terwujudnya kebersamaan di masyarakat. Hal ini juga dapat menjadi sarana untuk menumbuhkembangkan kerukunan, kekompakan, kebersamaan dan kepedulian sosial.

Tidak berlebihan apabila datangnya Hari Raya Idul Adha ini menjadi kesempatan untuk mengingatkan kepada semua umat Islam untuk selalu takwa kepada Alloh SWT, sekaligus lebih mencintai dan peduli kepada masyarakat sosial tanpa pandang bulu.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1444H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

  Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H . ...