Kamis, 28 September 2023

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

 Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H.  Datangnya hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini, memberi pelajaran kepada umat Islam seluruh dunia, termasuk Indonesia untuk mengingat kembali pola kehidupannya sehari-hari.


Dalam surat Al-Ahzab ayat 21, Allah SWT berfirman : “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.”  Tidaklah berlebihan apabila umat Islam menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai tokoh idolanya.

Beberapa Riwayat hadis menyebutkan dalam menjalankan pola kehidupan sehari-hari, Nabi Muhammad SAW selalu menerapkan sifat mulianya yang terdiri dari : sidik, amanah, fathonah, dan tablig. Sidik artinya orang yang jujur, amanah adalah dapat dipercaya, fathonah berarti orang yang pandai atau cerdas, dan tablig artinya orang yang menyampaikan.

Penerapan  sifat yang dimiliki ini, tampak perilaku Nabi Muhammad SAW menunjukkan akhlak mulia yang dapat dijadikan teladan bagi seluruh umatnya. Akhlaknya yang paling mulia selalu menyertakan pendapat yang baik, tidak pernah melakukan hal-hal buruk, berperilaku kasar, dan tidak pernah berteriak.

Selain itu, juga terdapat contoh teladan tentang keagungan seorang manusia. Selama hidupnya mempraktikkan hidup penuh kasih sayang, ramah, toleransi, dan jauh dari sifat-sifat serakah serta pingin menang sendiri.

Apabila umat Islam yang hidup saat ini dapat mempraktekkan pola hidup diatas, niscaya rasa kasih sayang dan kecintaan sesama umat seperti yang dipraktikkan Nabi Muhammad SAW akan dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Tidak terlihat berbagai praktek kekerasan dan sejenisnya yang dapat membahayakan dan memprihatinkan semua pihak. Jauh dari rasa iri dan dengki, jauh dari pertengkaran dan adu domba, serta jauh dari saling menjelekkan dan menjatuhkan.

Rasa kasih sayang dan persaudaraan yang dengan gemilang telah dipraktikkan Nabi SAW dan para sahabatnya seyogyanya dapat diteruskan dalam kehidupan sehari-hari oleh umat Islam sekarang ini. Datangnya Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H tahun 2023 ini, dapat dijadikan momentum untuk mengingat kembali pola kehidupannya saat itu, untuk dijadikan teladan bagi umat Islam yang hidup saat ini dalam menjalani pola kehidupan sehari-hari.

Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

  Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H . ...