Senin, 23 Juli 2018

Tour De Merapi 2018


Tour de Merapi merupakan agenda tahunan yg digagas oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman sejak tahun 2003.  Kegiatan tersebut bertujuan utk memperkenalkan potensi daerah yg patut dibanggakan. Mulai dari wisata alam, wisata budaya sampai wisata kuliner.


Pada tahun 2018 ini Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan ingin memperkenalkan pasar tradisional yg memasarkan hasil dari pegiat UMKM setempat. Tema yang diambil berjudul : JAJAH DESA MILANG PASAR
 Sesuai dengan temanya, maka route sepanjang 100 km tersebut melewati beberapa pasar di kawasan Kabupaten Sleman. Setelah dilepas oleh Bupati Sleman H. Sri Purnomo pada hari Minggu, 22 Juli 2018 jam 08:00, sebanyak 594 sepeda motor yg semuanya berboncengan keluar dari lapangan Pemda Sleman. Jalur yang dilewati meliputi Pasar Gowok, Pasar Prambanan, Pasar Jambon, Pasar Pakem, Pasar Srowolan, Pasar Sleman, Pasar Nambongan, Pasar Ngino, Paar Godean, Pasar Nulis dan pos terakir di Desa Wisata Gamplong.


Acara yg diikuti oleh 1.188 orang tersebut berlangsung sangat meriah. Selama perjalanan, para peserta menikmati keindahan alam yang sangat eksotis. Untuk mengurangi kepenatan selama perjalanan, juga disediakan beberapa pos peristirahatan lengkap dengan suguhan makanan khas daerah setempat dan tarian tradisionil.
Pos 1 singgah di Candi Banyunibo dan Pasar Digital Banyunibo, lalu dilanjutkan ke Pos 2 di Desa Wisata Pentingsari. Untuk Pos 3 dipilih Pasar Srowolan yang notabene merupakan pasar para pahlawan zaman dulu. Untuk melengkapi sajian para peserta, Pos 4 diarahkan di Pasar Ngino yang memiliki olahan khas bebek. Satu lagi kuliner  khas Sleman, peserta masuk di Pos 5 di Pusat Kuliner Belut Godean.
 Pos terakir  yang juga merupakan titik kumpul terakhir peserta, dipilih Desa Wisata Gamplong, yang merupakan museum studio film Sultan Agung yang beberapahari sebelumnya dikunjungi Presiden Jokowi. Untuk mengobati peserta yang kebanyakan sudah capek perjalanan, panitia menyuguhkan hiburan musik dengan penyanyi lokal Yogyakarta. Lebih meriah lagi, banyak doorprize dari berbagai sponsor yang dibagi kepada semua peserta, mulai dari voucher, alat elektronik, sepeda gunung sampai sepeda motor.


Sebelum acara ditutup, panitia mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, mulai dari masyarakat yang ikut meramaikan acara tersebut, sponsor yang telah mendukung penuh selama acara sampai seluruh warga dari desa wisata yang telah menyambutnya selama perjalanan. Sampai ketemu lagi di tahun depan untuk Tour De Merapi 2019.
#TourdeMerapi2018 #wisatasleman #thelivingculture #eatplayfun #jelajahdesamilangpasar #pesonaliburansleman #ayokesleman #kulinersleman #belanjadisleman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

  Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H . ...