Senin, 19 November 2018

CEK FISIK KENDARAAN BERMOTOR GRATIS DI BANTUL


Pendapatan negara terbesar berasal dari sektor pajak. Salah satu bentuk pajak yang sering dilakukan masyarakat adalah pajak kendaraan bermotor. Untuk melakukan pajak tahunan, masyarakat menganggap mudah dan sederhana caranya, namun saat melakukan pajak lima tahunan, masih banyak yang measa kesulitan.
Hal ini sangat beralasan, karena pada saat tersebut harus melampirkan bukti nomor rangka kendaraan dan nomor mesin kendaraan yang digesek pada secarik kertas. Tidak sedikit para wajib pajak yang merasa kesulitan. Melihat kenyataan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencari solusi, agar warga di daerahnya merasa nyaman dan tanpa beban saat melakukan pajak kendaraan bermotor lima tahunan.


Mengacu pada salah satu dari kelima Gerakan Nasional Revolusi Mental yang sudah digagas oleh pemerintah Indonesia melalui Kemenko PMK, yakni Indonesia Melayani, maka Pemerintah Kabupaten Bantul melalui SAMSAT telah menunjuk petugas khusus untuk membantu melakukan cek fisik kendaraan kepada wajib pajak. Bahkan masyarakat lebih dimanja lagi, karena cek fisik yang meliputi gesek nomor rangka kendaraan dan nomor mesin kendaraan tersebut tidak dipugut beaya.
Melalui cek fisik gratis, selain sebagai ujud Indonesia Melayani, juga dapat memperoleh manfaat lain, yakni Indonesia Tertib, karena para wajib pajak rela antri dengan kesadaran sendiri. Inilah salah satu dari sekian banyak hal yang dapat dirasakan oleh warga masyarakat terkait adanya Gerakan Nasional Revolusi Mental ini.





Masih banyak lagi langkah yang ditempuh Pemerintak Kabupaten Bantul, dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental ini. Dengan melakukan hal kecil dan sederhana, namun pelan tapi pasti dapat mewujudkan Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Mandiri, Indonesia Tertib dan Indonesia Bersatu.
Apabila hal ini dapat dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan oleh seluruh lapisan masyarakat (rakyat dan pemerintah) Indonesia, niscaya cita-cita kemerdekaan untuk untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur dapat segera terealisasi.

Tulisan ini sebagai Pemenang ke-2 “Kompetisi Medsos #AyoBerubah GNRM Di Kota Mu” dalam rangka PKNRM 2018 yang diselenggarakan oleh Blogger Crony Community bekerjasama dengan Gerakan Revolusi Mental dari Kemenko PMK RI.
Untuk melihat lebih detail, dapat dibuka :
https://www.instagram.com/p/BpeXaK1AA9n/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

  Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H . ...