Kamis, 10 September 2020

Ada Hikmah Dibalik Musibah

 

Beberapa tahun terakhir ini, berbagai musibah terjadi di negeri tercinta Indonesia. Mulai dari gempa bumi, angin kencang, tanah longsor, banjir dan yang terkini adalah pandemi covid-19. Semua musibah ini sudah menjadi rencana dan ketentuan dari Alloh SWT yang pasti terdapat  hikmah didalamnya.



Sebelum mengambil hikmah, perlu disadari bahwa setiap musibah yang terjadi di muka bumi ini tidak terlepas dari tindakan manusia sendiri. Hal ini sesuai dengan firman Alloh SWT dalam Alquran surat Asy-Syuuraa (30) yang berbunyi:  “Dan segala musibah yang menimpa kalian adalah disebabkan oleh perbuatan tangan kalian. Dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan kalian)”.  

Meskipun demikian, masing-masing tidak perlu kecil hati terhadap tindakan yang telah diperbuat, karena pada firman berikutnya, Alloh SWT berjanji akan mengampuni kesalahan hamba-Nya. Sikap terbaik dalam menyikapi setiap musibah dengan mengembalikan seutuhnya kepada-Nya. Dialah Dzat yang menghendaki semua peristiwa terjadi dan yakin bahwa dibalik semua itu ada maksud yang sesungguhnya jauh lebih besar dibandingkan besarnya suatu peristiwa.

Setiap umat Islam agar berpikir positif bahwa pandemi covid-19 dan musibah lainnya adalah ujian, agar mereka lebih bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk  meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada-Nya. Mumpung masih diberi umur di dunia, sehingga masih memiliki waktu cukup longgar untuk berbenah diri dalam jalinan hubungan manusia sebagai hamba dengan Allah SWT sebagai Maha Pencipta segalanya.

Sudah saatnya umat Islam dan masyarakat pada umumnya menjadikan pandemi covid-19  dan musibah lainnya sebagai upaya meningkatkan kualitas kehambaannya dengan cara berzikir, mendekatkan diri pada Allah SWT dan melakukan sikap-sikap terpuji lainnya. Semakin sadar bahwa sebagai makhluk hanya bisa menerima terhadap hal yang sudah diberikan oleh-Nya. 

Tidak perlu sedih dan tidak perlu saling menyalahkan maupun bersikap dan melakukan tindakan negatif lainnya. Semua peristiwa, baik yang menyenangkan maupun menyedihkan,  sudah ditulis Alloh SWT jauh sebelum tercipta langit dan bumi seperti sabda Nabi Muhammad SAW dalam H.R. Muslim  : “Allah telah menulis takdirnya makhluk lima puluh ribu tahun sebelum Allah menciptakan beberapa langit dan bumi”.  

Segala macam musibah yang terjadi di muka bumi ini dapat menjadi bahan introspeksi setiap manusia untuk mengoreksi tindakan yang sudah dilakukan selama ini. Masing-masing yakin bahwa dibalik semua musibah, sudah ada rencana Alloh SWT yang sesungguhnya jauh lebih besar dibandingkan besarnya sebuah peristiwa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

  Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H . ...