Selasa, 10 April 2018

Daun Ungu, Obat Wasir Yang Ampuh



            Tulisan dibawah ini saya buat dari pengalaman pribadi, dengan tujuan dapat berbagi kepada sesama yang pernah atau sedang menderita wasir.
Pada tahun 1990 yang saat itu saya berstatus mahasiswa, divonis dokter menderita wasir. Begitu kagetnya perasaan ini, karena belum pernah saya bayangkan sebelumnya dan tidak ada riwayat keturunan yang menderita sejenis.
            Tidak berhenti di situ kagetnya, karena dokter juga menyarankan saya harus operasi. Tanpa pikir panjang, mengingat saat itu harus segera KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang waktunya sangat dekat, setelah direstui Bapak dan Ibu, akhirnya kami sekeluarga menyetujui perintah dokter tersebut. Singkatnya saya sudah dioperasi.
            Setelah waktu berjalan 10 tahun, ternyata wasir saya kambuh lagi. Mau operasi lagi merasa takut. Akhirnya saya mencari informasi tentang penyembuhan wasir alami dan tanpa operasi. Semua perkataan teman, tetangga ataupun teman kerja, saya coba agar wasir cepat sembuh. Namun ternyata beda orang beda pula obatnya.
            Baru 15 tahun saya mencari obat alami, akhirnya sata temukan Daun Ungu yang ternyata sangat ampuh. Selama 15 tahun tersebut, saya sangat tersiksa dan menderita. Saat buang air besar (BAB) sering keluar darah segar. Bahkan benjolan dubur dalam yang dulu tidak muncul, saat itu sudah keluar dan tidak bisa kembali masuk sendiri.
            Berkat rutin dan konsisten dalam komsumsi Daun Ungu, semua keluhan di atas tidak saya rasakan lagi. Daun Ungu atau biasa disebut juga daun wungu adalah tumbuhan obat dari Papua Nugini dan Polinesia yang kemudian menyebar ke Indonesia. Nama ilmiah: Graptophyllum pictum, Klasifikasi lebih tinggi: Graptophyllum.
Gambar :


            Tanaman Daun Ungu mengandung kandungan kimia yang sangat tinggi yaitu : Alkaloid non-toksik, flavonoid, glikosid, steroid, saponin, tanin, calsium oksalat, asam format dan lemak. Dengan berbagai kandungan kimiawi yang ada di dalamnya, daun ungu bisa melunakkan feses (kotoran), dan mengecilkan wasir.
            Ambeien atau Hemoroid,atau biasa disebut wasir  merupakan pembengkakan pada vena di retum atau anus. Gejala yang sering muncul pada pasien berupa rasa sakit, gatal, peradangan dan perdarahan di sekitar anus. Ambeien disebabkan oleh peningkatan tekanan di daerah rektum atau anus. Hal ini diakibatkan oleh kebiasaan mengejan saat buang air besar, duduk terlalu lama saat ditoilet, susah buang air besar dan juga diare kronik, kelebihan berat badan, kehamilan, seks anal, kurang serat, cidera tulang belakang.
            Sampai tulisan ini dibuat, saya masing menkonsumsi Daun Ungu secara rutin setiap pagi hari. Berikut ini cara penyajiannya :
1.      Ambil 1 – 2 lembar daun dari pohon, lalu cuci bersih
2. Daun tersebut dimasukkan kedalam gelas, lalu tuang dengan air mendidih (persis seperti saat menyeduh teh)
3.      Tunggu sampai dingin dan siap diminum
4.      Untuk penderita parah bisa 3 x dalam sehari, dan umtuk penjagaan cukup 1 x sehari.
Mudah kan...? Cara sederhana, mudah dan irit lagi, karena tanaman Daun Ungu bisa ditanam dengan stek (potong batang/ranting, lalu tanam di tanah.
            Selamat mencoba, semoga semua diberi kesehatan dan bebas dari wasir.



1 komentar:

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

  Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H . ...