Jumat, 25 Januari 2019

Cara Mencegah Whatsapp Disadap


Meski saat ini sudah banyak berita online menyebar, tapi saya masih sering membaca koran  Setiap pagi ada koran datang  ke rumah diantar oleh petugas loper.
Kok bisa...?
Ya jelas bisa, karena saya berlangganan koran lokal Jogja (Kedaulatan Rakyat dan Tribun Jogja).
Pagi-pagi saat buka koran, ada judul menarik :
Tips WA : 3 Cara Mencegah Whatsapp Disadap, Amankan Privasi Kamu!
Lalu terbersit dalam pikiran, alangkah baiknya tips bagus ini saya sebar ke teman-teman, barangkali ada yang membutuhkan dan mengambil manfaatnya.
Mengingat lebih dari 95 % dari teman-temanku memiliki Whatsapp.


Berikut isi aslinya :



Mengutip Nextren, ada tiga cara keren agar kamu aman dari penyadapan. Tiga cara ini dapat mencegah orang lain untuk melihat aktivitas online, last seen, chat, telepon serta video call dari aplikasi ketiga.

Simak 3 cara mencegah Whatsapp disadap berikut ini .
1.      Whatslock
Whatslock adalah aplikasi ketiga yang bisa kamu download dari Play Store. Kegunaannya aplikasi ini dapat mengamankan Whatsapp kamu dengan sandi yang rumit. Setiap kali kamu membuka Whatsapp kamu harus memasukkan sandi yang hanya diketahui olehmu.
Hal ini dapat mencegah orang lain untuk menyadap Whatsapp milikmu. Selain itu, Whatslock juga dapat digunakan untuk mengunci aplikasi lain seperti galeri, kontak, atau media sosial lainnya.

2.      Whatsapp Web
Untuk melihat aplikasi Whatsapp kita disadap atau tidak, kita bisa mengetahuinya dengan membuka situs  Whatsapp Web. Pasalnya cara kerja aplikasi sadap WA ini sama dengan cara kerja Whatsapp Web. Jika kamu membuka Whatsapp Web dan bisa masuk tanpa melakukan scan barcode, bisa jadi Whatsapp kamu telah disadap.



Jika menemui hal serupa, kamu bisa mengikuti langkah berikut :
ü  Buka Whatsapp
ü  Buka menu Whatsapp dengan menekan ikon 3 titik di pojok kanan atas
ü  Pilih opsi Whatsapp Web
ü  Pilih Log Out From All Devices

3.      Gumakan Filter Two-Step Verificatioan
Sangat disarankan untuk menggunakan fitur Two-Step Verificatioan karena ini adalah fitur asli aplikasi Whatsapp. Caranya klik Setting, pilih menu Account, lalu pilih Two-Step Verificatioan, keemudian pilih Enable. Masukkan 6 digit kode yang ingin kamu guakan sebagai sandi ketika hendak masuk ke akun Whatsapp.
Hal ini dapat mencegah orang lain untuk masuk ke akun Whatsapp kamu. Tapi ingat, jangan sampai lupa dngan nomor sandi-mu sendiri.





Begitulah tips WA mencegah Whatsapp disadap. Selamat mencoba.
Tulisan ini diambil dari Harian Tribun Jogja, Jumat 25 Januari 2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

  Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H . ...