Rabu, 15 Januari 2020

Menjauhi Sifat Munafik

Dalam hadis Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa terdapat tiga tanda orang munafik, yaitu bila berkata dusta, bila berjanji mengingkari dan bila dipercaya khianat. Apabila dalam diri seorang muslim memiliki salah satu saja dari ketiga tanda tersebut, maka harus segera membuangnya.
Memang sifat munafik itu hampir sulit dikenali, karena orang yang memiliki sifat ini biasanya berusaha meniru perbuatan orang-orang beriman. Mereka  turut shalat, berpuasa, bahkan sudah menunaikan ibadah haji, namun sebenarnya hatinya lalai. Selalu mencoba tampil manis di depan orang-orang, agar setiap yang melihatnya terkecoh dengan pencitraan. Padahal Allah SWT Maha Tahu terhadap segala yang dikerjakan hambaNya.  

Illustrasi orang munafik

Selain tindakan yang berhubungan dengan ibadah kepada Alloh SWT  berupa shalat, puasa, sedekah dan amalan baik lainnya, tanda-tanda munafik ini juga banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Masih banyak muslim, baik sebagai warga masyarakat biasa maupun warga yang memegang jabatan di pemerintahan, menampakkan tanda-tanda seperti diatas.
Ada orang yang mengaku beragama Islam, namun perkataannya tidak sesuai dengan tindakannya, baik melalui tulisan atau rekaman video yang diuanggah di media sosial. Tidak sedikit tokoh masyarakat dan pejabat negara yang tidak menepati janjinya dengan berbagai alasan. Banyak pula amanah yang tidak sampai kepada orang yang berhak menerimanya.
Sebagai seorang muslim yang benar imannya haruslah selalu berusaha mengingkari, menyelisihi dan menjauhi tanda-tanda munafik seperti diatas. Tindakan nyata yang dapat dilakukan antara lain bersikap ikhlas dalam setiap langkah sehari-hari, baik berhubungan ibadah kepada Alloh SWT maupun hubungan sosial dengan orang lain dalam masyarakat. Didukung dengan doa dan selalu menjauhi hal-hal yang dilarang dalam Alquran dan Alhadis maupun Undang-Undang dan peraturan yang berlaku di negara dan masyarakat, niscaya akan terbentuk muslim berkualitas, terhindar dari sifat kemunafikan. .
Alangkah indahnya bangsa Indonesia ini yang notabene memiliki jumlah muslim lebih dari 87% dari seluruh penduduknya, apabila masing-masing warganya dapat terhindar dari ketiga tanda munafik diatas. Setiap perkataan tidak ada dusta, setiap berjanji pasti ditepati dan apabila diberi amanat dapat dipercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

  Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H . ...