Kamis, 26 Maret 2020

Kisah Setelah Nikah


Judul buku                  : Life After Marriage
Penulis                         : Winka Lusia
Penerbit                       : Laksana
Cetakan                       : 2020
Jumlah halaman           : 241


Buku : Life After Marriage

Perbedaan karakter dan kebiasaan antara suami dan istri dalam sebuah rumah tangga merupakan hal wajar. Masing-masing sudah sepakat untuk saling menyesuaikan sejak terjadi ijab qabul pernikahan. Namun di tengah perjalanan menjalani rumah tangga, terkadang menjumpai hal-hal yang membuat marah dan jengkel akibat adanya orang ketiga ikut mencampuri jalannya rumah tangga.
Orang ketiga ini biasanya mertua perempuan yang masih ikut mengarahkan anak laki-lakinya, meskipun sudah beristri. Memang tujuannya untuk kebaikan, namun terkadang istri merasa dikesampingkan. Begitu pula dengan suami juga merasa bingung karena menghadapi dua hal yang sama-sama vital.  Hal pertama menyangkut kewajiban anak harus berbakti kepada ibu sebagai orangtua yang telah mendidiknya sejak kecil, sedangkan hal kedua harus memberikan kasih sayang lahir batin kepada istri sesuai ikatan pernikahan.
Buku berjudul Life After Marriage tnulisan Winka Lusia ini menceritakan kisah cimta segitiga antara suami, istri dan ibu mertua. Tokoh istri dalam buku ini diperankan oleh penulisnya sendiri yang dipaparkan runtut sejak menjelang nikah sampai beberapa tahun setelah resmi terikat suami istri..
Terkadang hanya masalah kecil dan sepele, karena dibesar-besarkan sehingga berakibat stress semua yang terkait. Saat istri mengunggah foto bersama suaminya di status facebook,  dengan tujuan untuk kenangan masa pengantin baru, tetapi sang mertua menganggap foto tersebut tidak pantas dilihat orang lain karena dianggap tidak sesuai dengan adat negara timur yang menjunjung tinggi kesopanan (hal. 32)
Di halaman 41 dikisahkan kebingungan sang istri yang seorang doker saat suaminya harus bekerja di luar negeri dalam waktu cukup lama. Bila mengikuti suami di luar negeri, istri sulit untuk buka praktek dokter di negara yang warganya tidak bisa berbahasa Inggris. Bila di negeri sendiri bisa buka praktek dokter dengan resiko jauh dari suami. Meskipun keduanya sudah sepakat agar sang istri mendampingi suami di luar negeri, tetapi sang mertua menganggap bahwa menantunya manja dan tidak mau bekerja untuk membantu ekonomi suami.
Masih banyak kisah serupa yang bikin stress bak sebuah drama yang sering terlihat pada tayangan televisi. Meski buku ini hanya merupakan kisah yang dialami penulis, namun melihat isi yang dipaparkan, dapat menjadi gambaran bagi pembaca untuk menentukan sikap saat menghadapi peristiwa tak terduga setelah memiliki ikatan pernikahan..


Resensi bukunya di Kedaulatan Rakyat, Jumat, 27 Maret 2020
  


Hasil resensi ini dimuat Harian Kedaulatan Rakyat edisi Jumat, 27 Maret 2020 halaman 17.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

  Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H . ...