Sabtu, 21 Maret 2020

Pola Hidup Bersih



Sering terdengar di masyarakat tentang ungkapan yang berbunyi : “Kebersihan Pangkal Kesehatan”. Ungkapan ini mengandung arti betapa pentingnya kebersihan bagi kesehatan manusia, baik perorangan, keluarga, masyarakat maupun lingkungan. Kebersihan merupakan syarat bagi terwujudnya  kesehatan, sedangkan badan sehat merupakan dambaan setiap orang.

Rutin Mencuci Tangan

Hampir dipastikan bahwa semua orang pingin sehat. Hal ini dibuktikan saat mereka mengalami sakit, pasti berusaha berobat agar dapat sehat kembali. Bahkan rela mengeluarkan uang berapapun besarnya asalkan penyakit segera pergi dari tubuhnya.  Mengacu dari ungkapan yang menyebutkan mencegah lebih baik daripada mengobati, maka sebelum seseorang jatuh sakit, seyogyanya melakukan pencegahan terlebih dahulu yang salah satunya dapat ditempuh dengan pola hidup bersih.
Dalam hadis Tirmidzi Nabi Muhammad SAW bersabda : "Kebersihan itu sebagian dari iman". Dengan perkataan lain, apabila seseorang mengaku beriman kepada Allah SAW dan Rasul-Nya, tetapi tidak mampu menjaga kebersihan, maka iman yang disampaikan hanya sebatas formalitas. Karena salah satu indikasi orang beriman adalah mereka yang selalu menjaga kebersihan.
Pola hidup bersih dapat dibagi ke dalam dua jenis yaitu lahir dan batin. Bersih lahir meliputi bersih badan, pakaian, rumah dan lingkungan alam semesta di manapun berada. Bersih badan dengan rajin mandi setiap hari, bersih pakaian dengan rajin mencuci sehabis dipakai, bersih rumah, sekolah, masjid, dan halamannya dengan cara disapu dan mengepelnya, bersih lingkungan dengan cara tidak membuang sampah pada sembarang tempat.


Pola Hidup Bersih Sehat Dalam Keluarga

Untuk bersih batin, meliputi bersih hati, pikiran, ucapan, tindakan dan perbuatan. Bersih hati dengan cara rutin membaca dzikir dan istighfar kepada Alloh, SWT, bersih pikiran dengan cara banyak belajar dan membaca, bersih ucapan dengan cara mencegah dari perkataan dusta, bersih tindakan dan perbuatan dengan cara bersikap jujur sepanjang hayat.
Apabila pola hidup bersih ini dapat diimplemantasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat, niscaya kesehatan tetap terjaga dan hati merasa senang dan tenang. Hal ini senada dengan ajakan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam menyikapi merebaknya virus Corona belakangan ini. Masyarakat diajak bersama-sama melakukan pola hidup bersih, agar tubuh tetap sehat, sehingga kebal menghadapi virus yang dianggap membahayakan tersebut..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

  Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H . ...