Sabtu, 21 Maret 2020

Sate Ratu, Juara Nasional Ngulik Rasa


Ngulik Rasa merupakan ajang kompetisi bagi para pebisnis kuliner dalam menciptakan kreasi fusion dari makanan khas Indonesia yang diselenggarakan oleh Unilever Food Solutions. Terdapat tiga kategori masakan yang dilombakan yaitu Sate, Soto dan Nasi Goreng. Untuk kategori masakan Sate, Fabian Budi Seputro dari Sate Ratu asal Sleman D.I. Yogyakarta keluar sebagai juara pertama dengan kreasi “Sate Kanak”.

Sate Merah dan Sate Kanak

            Menurut Budi, panggilan akrab Fabian Budi Seputro pemilik Sate Ratu ini, “Sate Kanak” merupakan menu baru dari Sate Ratu yang sebelumnya menyediakan Sate Merah. Sesuai dengan namanya, istilah “Kanak” diambil dari kata anak (kekanak-kanakan), yang mengandung arti menu ini khusus disediakan bagi anak-anak. Kok bisa...? Ya jelas bisa, karena “Sate Kanak” rasanya tidak pedas, jadi cocok banget buat anak-anak. Bagi orang dewasa yang tidak suka selera pedas, juga dianjurkan untuk memilih “Sate Kanak” ini.
Lahirnya “Sate Kanak” membutuhkan waktu cukup panjang dan melalui pengamatan serta perhatian Budi saat melihat pelanggan yang datang membawa istri dan anak kecil ke retorannya. Biasanya ayah dan ibunya asyik menikmati sate dengan daging yang lezat, sementara anaknya hanya makan nasi putih dan kuah saja. Tersedia beberapa pilihan menu, antara lain : Sate Merah, Sate Kanak dan Sate Ceker, yang kesemuanya tersebut diolah dengan bumbu rempah pilihan.



Sate, nasi putih dan soup

Minuman yang tersedia adalah air mineral dalam kemasan botol. Inilah yang membedakan dengan restoran dan atau warung/rumah makan pada umumnya yang kebanyakan dan pasti menyediakan minum teh (dingin dan panas), jeruk (dingin dan panas) dan berbagai macam jenis minuman lainnya. Satu lagi yang membedakan dengan restoran dan atau warung/rumah makan pada umumnya, Sate Ratu tidak membuka cabang di tempat lain. Sejak berdiri tahun 2006 hingga sekarang, tetap setia bertempat di Jogja Paradise Foodcourt, Jl. Magelang KM, 6 Yogyakarta dan tidak ada rencana pindah atau buka cabang baru.
Pengunjung Sate Ratu bukan hanya berasal dari warga Sleman, Yogyakarta dan sekitarnya, namun sudah 38 negara asing mencicipi kelezatan sate buatan Budi tersebut. Bahkan sampai hari Rabu, 18 Maret 2020, sudah tercatat sebanyak 3.486 orang asing dari 38 negara  datang di Sate Ratu, dan masih bertambah terus setiap hari. Apabila dijumlah dengan warga lokal, pengunjung yang telah datang bisa mencapai puluhan ribu.



Para nitizen foto bersama owner Sate Ratu

Kedatangan orang asing sebanyak ini bukan tanpa alasan. Mereka cocok dengan bumbu rempah yang diracik bersama daging pilihan besutan Budi. Merasa puas atas layanan rasa dan keramahan para karyawannya, saat pulang kembali ke negara asalnya, mereka cerita dan memberi rekomendasi kepada teman dan kerabatnya, apabila wisata ke Yogyakarta, jangan lupa mampir di Sate Ratu.
Melihat banyaknya pengunjung dari dalam dan luar negeri ini, maka tidak salah para dewan yuri lomba Ngulik Rasa yang digelar Unilever Food Solutions untuk memilih  Fabian Budi Seputro pemilik Sate Ratu menjadi juara pertama tingkat nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

  Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H . ...