Selasa, 31 Maret 2020

PEREMPUAN BISA BERPERAN GANDA


Judul buku                  : Kenapa Bunda Harus Bekerja
Penulis                         : Santy Dwi Kristina
Penerbit                       : Stiletto Book
Cetakan                       : Juli 2019
Jumlah halaman           : viii + 150




Dalam sebuah rumah tangga, seorang laki-laki berperan sebagai suami yang berkewajiban mencari nafkah. Sedangkan perempuan berperan sebagai istri yang berkewajiban mengatur jalannya rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari. Namun terdapat beberapa rumah tangga yang istrinya juga ikut mencari nafkah dengan berbagai alasan.
Beberapa alasan perempuan yang memutuskan bekerja, antara lain faktor ekonomi untuk membantu dan atau menambah keuangan rumah tangga, faktor sosial yang dapat menambah teman dan relasi, dan faktor aktualisasi diri agar keberadaanya bisa bermanfaat bagi orang lain. Apapun latar belakang wanita yang memutuskan untuk bekerja, harus bersikap bijaksana dengan memikirkan pekerjaan saat di kantor dan memperhatikan suami dan anak-anak saat di rumah.
Bagi seorang perempuan yang mencari nafkah, dibutuhkan energi ekstra untuk menjalankannya. Hal ini mengingat bahwa pada hakikatnya tugas pokok perempuan setelah berumah tangga adalah mengurusi seluk beluk yang terjadi di rumah. Mulai kebersihan rumah dan  lingkungannya, memasak untuk suami dan anaknya, mencuci baju dan pakaian, semua harus dikerjakananya. Pekerjaan-pekerjaan ini apabila dikerjakan membutuhkan waktu sehari penuh. Apabila  ditambah lagi harus bekerja keluar rumah, niscaya dibutuhkan tenaga dan pikiran yang ekstra.
Buku berjudul Kenapa Bunda Harus Bekerja tulisan Santy Dwi Kristina ini mencoba mengupas langkah seorang perempuan yang berperan ganda. Selain berperan sebagai istri mendampingi suami dan sebagai ibu bagi anak-anaknya, juga harus menyelesaikan pekerjaan kantor yang juga menjadi tanggung jawabnya..
Terkadang sepulang dari kantor langsung tertidur sesampai rumah akibat kecapekan, namun suami tidak mau tahu (halaman 6). Di saat yang lain, anak juga protes saat mereka libur sekolah tetapi Bundanya tetap berangkat kerja ke kantor karena memang tidak masa cuti dan belum ijin sebelumnya (halaman 128).
Meskipun buku ini merupakan kisah penulis mulai pengantin baru sampai memiliki anak berusia sekolah, namun melihat konten yang disajikan, dapat dijadikan sebagai referensi bagi para pembaca wanita yang memutuskan untuk bekerja di luar rumah. Cocok pula sebagai bahan bacaan laki-laki, sehingga mengetahui pekerjaan perempuan dalam kesehariannya didalam rumah tangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mencontoh Kehidupan Nabi Muhammad SAW

  Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H . ...